– Berita Pembibitan Ternak Babi di NTT

NTT Kembangkan Pembibitan Ternak Babi
FRIDAY, 15 OCTOBER 2010 18:53 CHUN

Kupang, FloresNews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui PT Flobamor bekerja sama dengan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta dan PT Charoen Pokphand Indonesia akan mengembangkan pembibitan ternak babi di wilayah NTT. “Jenis ternak babi yang akan diuji coba pengembangannya di dua kabupaten di provinsi kepulauan itu adalah jenis Duroks dan Lenders,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Kupang, Jumat.

“Tahap pertama ini ada 200 ekor. Kita bagi untuk dua daerah yakni Kabupaten Kupang 100 ekor untuk memenuhi kebutuhan bibit anak babi di Pulau Timor dan 100 ekor lainnya di Sikka yang akan dipasarkan untuk wilayah Flores” katanya.

Dia mengatakan jenis babi ini sudah bisa dijual pada usia lima atau enam bulan dengan harga berkisar antara Rp2-3 juta per ekor. Dalam hubungan dengan kerja sama ini, PT Charoen Pokphand Indonesia berperan sebagai pemasok pakan ternak.

Gubernur mengatakan potensi pasar ternak babi di NTT sangat besar, karena setiap tahun ribuan ekor ternak babi dipotong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini. Salah satu rumah makan di daerah Baun, Kecamatan Amarasi, sekitar 15 km dari pusat ibu kota Provinsi NTT, misalnya, setiap bulan membutuhkan rata-rata 240-250 ekor ternak babi.

Rumah makan yang sudah terkenal hingga ke tingkat nasional ini kata Gubernur Lebu Raya, rata-rata memperoleh keuntungan bersih dari setiap ekor babi yang dipotong berkisar antara Rp3-4 juta. “Saya sudah beberapa kali bertemu dengan pemilik rumah makan ini. Setiap tahun usaha ini memperoleh keuntungan di atas Rp9 miliar,” katanya.

Hal ini berarti potensi usaha ternak babi di daerah ini sangat terbuka karena sudah tersedia pasar, katanya. “Ini baru satu rumah makan, sementara di Kupang saja, ada begitu banyak rumah makan yang menyediakan hidangan khusus daging babi. Kalau satu rumah makan membutuhkan 200 ekor per bulan maka kalau ada sepuluh rumah makan, maka ada 2.000 ekor ternak babi yang dibutuhkan setiap bulan,” katanya.

Karena itu, masyarakat tidak perlu ragu untuk membangun usaha peternakan babi karena hasilnya dipastikan akan memberi manfaat bagi kesejahteraan keluarga, kata Lebu Raya.(ant)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke – Berita Pembibitan Ternak Babi di NTT

  1. bernadus ndoen berkata:

    Pak tolong diinformasikan tentang pelatihan inseminasi pada ternak babi dan prosecing semen. No. Hp. 081237014 kota kuapng. An. Bernadus Ndoen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s